Sunday, April 15, 2012

cara perkalian cepat angka di atas angka 6

Kalau kemarin sudah ane bahas perkalian khusus dengan angka 9, kali ini ane akan bahas perkalian dengan angka di atas 6. Perkalian ini sebenernya sudah di contohkan oleh guru SD kita, namun nggak ada salahnya kalo ane tulis lagi di blog ini sebagai pengingat. Siapa tahu nanti ada temen, saudara, adek, atau keponakan yang nanya. Kalo kita hafal sih ok2 aja, tapi kalo nggak, gimana? Malu kan kalo ditanya berapa 7x8 trus kita pakai kalkulator untuk menjawab. Apalagi kalo ngitungnya pake lidi yang dijejer-jejerin (he.. he...)
Ok, langsung aja ya. Nih cara cepet ngitung perkalian diatas angka 6:
1.   Siapkan tangan kanan dan tangan kiri kita. Bayangkan aja ya, jempol tangan kita yang kanan menunjukkan angka 6, telunjuk angka 7, jari tengah angka 8, jari manis angka 9, dan jari kelingking angka 10. Nih ilustrasinya:
ilustrasi tangan kanan
ilustrasi tangan kiri

2.    Tekuklah jari yang menggambarkan angka yang akan dikalikan. Contohnya perkalian 7x7
ilustrasi tangan kanan
ilustrasi tangan kiri


Lihatlah ilustrasi gambar tangan kiri. Karena perkalian angka  7x7, Jari yang di tekuk adalah dua jari yang menunjukkan angka 6 dan 7 yaitu jari jempol dan jari telunjuk. Begitupun ilustrasi tangan kanan dimana jari yang ditekuk adalah jari jempol dan telunjuk yang menunjukkan angka 6 dan 7.
3.   Tambahkan jumlah jari tangan kiri yang ditekuk dengan jumlah jari tangan kanan yang ditekuk.pada perkalian di atas, jumlah jari tangan kiri yang ditekuk adalah 2 dan jumlah jari tangan kanan yang ditekuk adalah 2. Maka 2+2=4
4.   Kalikan jari tangan kiri yang berdiri dengan jumlah jari tangan kanan yang berdiri. Pada contoh di atas, jari tangan kiri yang berdiri adalah 3 dan jumlah jari tangan  kanan yang berdiri adalah 3. Maka, 3x3=9
5.   Gabungkan penjumlahan dan perkalian yang dihasilkan. Pertambahan ada di urutan pertama dan perkalian ada di urutan kedua. Hasil dari penjumlahan adalah 4 dan jumlah dari perkalian adalah 9. Maka, hasil dari perkalian 7x7=49.
Nah....gimana? mudah kan? Semoga aja nanti kalo ada adek kita yang nanya kita bisa memberikan jawabannya dengan cepat. O iya, satu hal lagi, ketika di langkah yang ke-4 jumlah dari perkalian adalah dua angka, maka angka yang depan ditambahkan ke hasil penjumlahan. Misalkan pada perkalian 6x7, maka jumlah jari tangan  kiri yang ditekuk ada 1 dan jumlah jari tangan kanan yang ditekuk ada 2, maka hasil penjumlahannya adalah 3. Jari tangan kiri yang berdiri ada 4 dan jari tangan kanan yang berdiri ada 3, maka hasil perkaliannya adalah 12. Nah, angka 1 di angka 12 ini kita tambahkan ke hasil penjumlahan tadi. Hasil penjumlahan tadi adalah 3, ditambah satu sama dengan 4. Maka hasil perkalian 6x7=42.

Semoga bermanfaat!!

0 komentar:

Post a Comment

Give your comment here

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India