Wednesday, April 11, 2012

tips menguasai bahasa inggris


Cara santai dan menyenangkan menguasai bahasa inggris
(pengalaman pribadi belajar bahasa inggris nih)

“Pelajaran apa yang menurutmu susah untuk dipelajari?” tanya seorang guru kepada murid-murid di sekolahnya. Dan dengan serentak mereka menjawab, “bahasa inggris pak?”. Begitulah jawaban yang mungkin sering kita dengar dari banyak siswa di sekolah. Seperti kita tahu, Bahasa Inggris menjadi semakin penting bagi kehidupan manusia yang semakin hari semakin mengglobal dimana ia seperti menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita dimanapun kita berada. Ketika membuka halaman web misalnya, kita pasti langsung dihadapkan pada halaman yang berbahasa inggris. Senang atau tidak, hal itulah yang terjadi saat ini.
Hal ini menjadi sebuah ironi ketika kita melihat putra putri kita belum mampu menguasai Bahasa Inggris khususnya secara aktif. Mereka selalu berdalih bahwa menguasai Bahasa Inggris itu susah karena banyak kosakata yang harus dihafalkan. Oleh karena itu, di sini saya ingin memberikan pengalaman pribadi saya tentang bagaimana menguasai Bahasa Inggris namun dengan cara yang menyenangkan dan menghafalkan kosakata secara tidak sadar atau secara tak langsung. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa digunakan untuk menguasai Bahasa Inggris secara mudah. Yuk, simak langsung!
1. Musik (Listening skill) 


                Siapa sih yang nggak suka musik? Pasti semua orang suka musik. Beberapa orang bilang bahwa musik adalah salah satu bagian dari hidup mereka, tapi ada juga yang bilang bahwa musik itu haram. Tapi kita ambil jalur tengahnya aja lah bahwa musik itu mubah. He he....(habisnya emang ada manfaatnya juga sih buat kita). Musik ternyata membawa pengaruh yang luar biasa bagi perkembangan skill Bahasa Inggris kita (tapi harus musik yang berbahasa inggris lho ya...kalo yang didengerin adalah musik bahasa jawa mah nggah usah ditanya....sampai seribu tahunpun mendengarkan tuh musik, gak bakalan deh bisa bahasa inggris dengan mudah.he he...tapi tetep ya..bahasa jawa jangan dilupakan).
                Mungkin kita bertanya, apa bener  mendengarkan musik berbahasa inggris bisa membuat kita pinter  Bahasa Inggris? Faktanya nih...semua  temenku yang pinter bahasa inggris suka dengan lagu-lagu barat. Mereka belajar dengan mendengarkan lagu. Dan itulah juga pengalamanku. Mungkin cerita yang satu ini bisa dijadikan salah satu cerita yang memberikan bukti bahwa mendengarkan musik berbahasa inggris bisa membantu kita.
Dulu, waktu group musik P.O.D sedang naik daun, ane seneng denger tuh lagu-lagunya. Sampai ane hafalin tuh lirik-liriknya (sekarang sih dah pindah jalur ke yang islami. He he...alhamdulillah). Suatu ketika guru bahasa inggris ane ngadain tes mendadak...nah, testnya itu listening skill. Temen-temen ane pada bingung tuh. Soalnya teks yang diberikan ternyata belum pernah sekalipun diberikan di kelas kami. Tesnya itu berupa sebuah teks yang di beberapa bagian di kosongi untuk diisi dengan kata yang kita dengarkan (guru ane baca di depan dan ane sekelas disuruh dengerin baik-baik trus ngisi tuh titik-titik). Apa yang terjadi? Ternyata emag bener, kata-kata yang diucapkan guru ane tuh belum pernah ada yang masuk di buku teks pelajaran kami.. tapi yang ajaib adalah, ane bisa jawab semua tuh. Tulisannya juga bener lho...waktu guru ane keliling lihat jawaban anak-anak sekelas, beliau pun kaget dan nanya. Lho, ini kamu kok bisa betul semua? Pernah denger kata-kata ini darimana? Ane pun jawab dengan mantap, “dari lagu pak”. Terus guru ane jawab “o.....”. temen—temen ane pada bengong . soalnya dari banyak soal yang diberikan, rata-rata dari mereka Cuma betul 2 atau 3 kata saja. Bahkan ada yang dapet 0. Ane bangga pada saat itu. He he J
                Dan percaya nggak percaya, banyak kosakata dari lagu yang kemudian menjadi sangat bermanfaat dalam kehidupan ane. So, coba deh dengerin lagu-lagu barat. Tapi coba ya, cari lagu-lagu yang islami atau yang berisi semangat aja. Yang percintaan no way lah ya...masih kecil...ok?. o iya, kalo lagu-lagu barat lebih baik dengerin lagunya aja lewat mp3 ya..nggak usah liat videonya...video-video barat banyak yang nggak bener. So, untuk mencegah kemudharatan, hindari deh lihat video-videonya. Cari positifnya aja ok?. O iya, cara belajar dengan lagu adalah dengan cara mendengarkan sambil lihat liriknya dan ikut nyanyi. Asyik kan? Biasanya, karena penasaran dengan isi lagu, kita secara sukarela mau membuka kamus sehingga kosakata yang kita baca lebih mudah masuk ke otak kita.
2. Film (Reading and Listening skill)

                Sebenernya, film juga banyak memberi manfaat kepada kita lho. Hanya saja, melihat perkembangan yang terjadi, film-film barat sekarang banyak  yang mengalami dekadensi (kemunduran) moral. So, ane gak bakalan banyak bahas soal film. Di tahun 99an dan 2000an, film-fiilm yang ada nggak separah sekarang. Mungkin karena di tahun 1998 ada reformasi yang menganggap reformasi berarti kebebasan, maka film-film yang ada sekarang lebih bebas dari tahun-tahun sebelumnya, khususnya dalam hal penyensoran.
                Dulu, ane banyak belajar dari film-film barat baik itu film action ataupun film kartun. Cara belajar dari film barat ini adalah dengan melihat film itu sambil melihat subtitlenya. Ketika melihat subtitlenya dan ada kata yang nggak kita tahu, kita putar balik deh tuh film sambil dengerin lagi kata yang tadi nggak kita ketahui. Dengan begitu, sebenernya kita sama saja membuka kamus karena kita sudah melihat sebuah kata plus artinya. Hanya saja, perlu pencocokan kata yang kita denger tadi di kamus untuk melihat bagaimana kata itu dituliskan. Hal ini bisa mengurangi kesalahan penulisan ketika kita diharuskan menuliskan kata tersebut. Nah, gimana coba rasanya kalo belajar bahasa inggris sambil nonton film, pasti akan terasa santai banget, ya nggak?.  
3. Membaca (Reading skill)


                Mungkin untuk yang satu ini nggak semuanya suka. Soalnya bagi sebagian orang membaca adalah obat efektif insomnia. Jadi dengan membaca, bukannya mereka tambah ilmu tapi malah tambah ngantuk, he he... tapi ada juga membaca yang asik kok. Contohnya nih, ane. Yang namanya baca berita berat atau buku berat, ane nggak suka. Tapi yang namanya buku cerita, cerpen, dan yang sebangsa dengan itu, beratus-ratus halaman pun ane lahap. He he...nah, oleh sebab itu, ane coba manfaatin nih bacaan.
Caranya, ane nyarui bahan bacaan yang menyenangkan tapi yang dalam bahasa inggris. Cerpen yang di tulis dalam bahasa inggris akan membuat kita lebih relax ketika memang harus mencari kosakata di dalam kamus. Bagi yang suka komik, mungkin bisa juga nyari komik yang berbahasa inggris. Sekarang banyak tuh komik gratis yang ada di internet. Tapi hati-hati ya kalo mau download komik yang ada di  internet. Lihat dulu ceritanya. Jangan-jangan ceritanya malah membawa mudharat bagi kita. And bagi yang suka baca majalah fashion atau berita artis, tuh banyak bacaan yang ditulis dalam bahasa inggris. Jadi, pilihlah bacaan yang bisa menambah kosakata kita. Atau kalau nggak, sekarang ini websites yang ada biasanya sudah melengkapi halaman mereka dengan translation service dimana kita bisa menterjemahkan halaman yang kita baca secara instan. Tapi jangan langsung diartikan ya...baca dulu beritanya dalam bahasa inggris. Cobalah pahami dulu bacaan yang diberikan. Kalo ada kata yang belum tahu, coba aja ditebak dulu kira-kira apa artinya. Biasanya, kalo kita baca artikel dalam bahasa inggris, ada beberapa kata yang bisa diartikan dengan cara guessing atau menebak dengan menghubungkan kata itu dengan kata sebelumnya atau dengan kata sesudahnya.
4. Praktek di depan cermin (Speaking skill)
                Bagi yang masih malu-malu untuk berbicara bahasa inggris dengan teman di sekolah, cara ini bisa digunakan untuk bisa menguasai bahasa inggris khususnya speaking skill. Caranya adalah kita mencoba berbicara apa saja di depan cermin. Bisa berbicara tentang apa yang kita suka, tentang perasaan kita hari itu, atau tentang keinginan kita di masa depan. Pokoknya semuanya bisa dijadikan bahan. Nggak usah takut, kan nggak ada orang J. Pengalaman ane selama belajar dengan cara ini yaitu kita bisa melatih cara pengucapan suatu kata, bisa menambah kosakata  karena waktu ngomong trus ada kata yang ane nggak tahu, langsung dah ane buka kamus J.
                Untuk melatih speaking skill kita, bisa juga dengan mamasang muka gedeg (bahasa jawa) yaitu tanpa rasa malu mempraktikkan bahasa inggris di depan umum. Khususnya kalo ada temennya lho ya... jangan ngomong bahasa inggris sendirian di depan umum ya...nanti dikirain crazy....he he.... dulu waktu ane SMP and SMA, ane punya temen yang sama sama nggak punya malunya buat ngomong bahasa inggris. Dulu temen-temen ane yang lain sering ngomong kalo ane and temen ane yang suka ngomong bahasa inggris itu orang yang sombong karena kemanapun kami pergi, kami ngomong bahasa inggris. Tapi ane and temen ane cuek aja, wong manfaatnya nanti buat ane sendiri kok, bukan buat mereka. So, coba deh pede. Pasti kita akan merasakan manfaatnya di kemudian hari.
5. Nulis diary dalam Bahasa Inggris (Writing skill)
                Nah, ini bagi yang suka nulis diary cocok banget buat praktekin yang satu ini. Dulu ane iseng-iseng nulis diary di buku (bukunya yang nggak girly and fashionable karena ane cowok sejati J he he..), tapi ane nulisnya di buku biasa. Nah, setiap kali nulis diary, ane usahain buat nulis dalam bahasa inggris (sampai sekarang bukunya masih lho...padahal ane tulis tuh buku waktu SMP and SMA). Luar biasa sekali, ternyata waktu ane lihat lagi tuh buku, grammarnya kocar kacir banget he he... tapi itulah proses..harus ada kesalahan untuk bisa menjadi benar. So , jangan pernah takut buat kesalahan. Ketika ane nulis tuh diary, temen ane ya kamus. Kalau ada kata yang nggak ane mengerti, ane buka tuh buku pembantu ane...karena sering menggunakan kata yang sama, akhirnya ane hafal banget  sama tuh kata-kata yang pernah ane gunakan. Sampai sekarang kata-kata itu masih tersimpan dengan baik di otak ane.  Ane juga seneng naruh artikel artikel tentang kesehatan,pendidikan, dan artikel bermanfaat lainnya di dalam diary ane. Tentunya yang berbahasa inggris. Dulu ane dapet tuh artikel dari majalah bekas berbahasa inggris. Ane beli di pasar loak. Walaupun buku loakan, ternyata manfaatnya luar biasa. So, bagi yang punya duit, silahkan beli juga tuh majalah-majalah remaja berbahasa inggris. Sekarang dah banyak banget tuh di pasaran.
Practicing English with foreigners
                Ok guys, tuh beberapa cara yang biasa ane gunakan untuk belajar bahasa inggris. Coba deh praktekkan, pasti hasilnya akan luar biasa. Kalo belum kelihatan hasilnya sekarang, insya Allah akan kelihatan hasilnya di kemudian hari. Kalo punya tambahan mengenai cara menguasai bahasa inggris yang menyenangkan, silahkan di sharekan di sini. Thx. Happy practicing!!!! 

4 komentar:

Ammar bin yasir class said...

Wah bisa dipraktekan nich... Wonderful tips...

Zaenal Muttakin said...

sure...practice makes perfect, isn't it?

Andika Zulfa S said...

wahahahaha
bisa nih

Zaenal Muttakin said...

silahkan dipraktekkan, om

Post a Comment

Give your comment here

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India