Tuesday, April 24, 2012

Urus, SUV Ketiga Lamborghini

Urus, SUV Ketiga Lamborghini


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Tingginya permintaan SUV kelas atas di pasar Cina dan Rusia mendorong Lamborghini meluncurkan Urus yang memulai debutnya dalam pameran mobil di Beijing awal pekan ini.

"Urus adalah ide konkret untuk masa depan Lamborghini sebagai model ketiga dan sebagai pelengkap sempurna untuk mobil sport kami," kata CEO Stephan Winkelmann dalam sebuah pernyataan.

Model itu juga menawarkan banyak ruang untuk empat orang serta ruang bagasi yang besar untuk meletakkan barang belanjaan.

"Urus adalah Lamborghini untuk penggunaan sehari-hari, untuk keluarga atau untuk rekreasi dengan teman," kata perusahaan tersebut.

Lamborghini tidak memberikan rincian terkait produksi dan penjualan Urus tapi Winkelmann mengatakan surat kabar Jerman Handlesblatt pada awal bulan ini bahwa SUV itu akan diluncurkan pada 2017, jika produksi itu disetujui oleh pemilik merek Volkswagen Group.

Model Urus versi produksi akan menggunakan platform SUV VW Group seperti Porsche Cayenne, Audi Q7, VW Touareg dan sebuah model SUV yang direncanakan untuk Bentley yaitu konsep 9 EXP F yang dliluncurkan dalam pameran mobil Jenewa pada Maret.

Model Urus akan menggunakan bahan ringan untuk struktur dan bodyshell yang menawarkan efisiensi bahan bakar dan gas emisi CO2 yang rendah serta penggunaan serat karbon yang diperkuat plastik termasuk kursi, kata Lamborghini.

Model yang memiliki empat kursi itu memeliki dimensi panjang sekitar 4,99 meter (196 inci) dan lebih rendah dari SUV pada umumnya sekitar 1,6 meter (63 inci). Kemungkinan mesinnya menggunakan  bensin V10 552-hp yang menghidupkan Gallardo. Tenaga akan disalurkan keempat roda melalui transmisi kopling ganda.

Bentley juga memamerkan model konsep SUV EXP 9 F di Beijing dan Maserati akan meluncurkan sebuah SUV pada tahun depan bersamaan dengan model konsep Kubang pada pameran mobil Frankfurt  2011.

Tahun lalu, Lamborghini menjual sekitar 1.600 unit untuk model saat ini Gallardo dan super Aventador naik 23 persen dari tahun sebelumnya. Penjualan di China tumbuh sebesar 63 persen menjadi 400 pada tahun ini. Penjualan di Amerika Utara juga sekitara 400 unit naik 19 persen.

Sebelumnya SUV Lamborghini adalah 450-hp LM002 yang dibuat dibangun antara 1985 dan 1995 dan laku sekitar 300 unit.

0 komentar:

Post a Comment

Give your comment here

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India